Mendidik Anak Melalui Teladan Orang Tua

by admin

in Refleksi

Untuk anak, demi anak mungkin itu menjadi alasan kita sebagai orang tua untuk mengeluarkan uang dengan tanpa perhitungan yang matang. Alhasil, karena kurang perhitungan sehingga terkadang itu berakibat fatal terhadap kondisi keuangan rumah tangga kita. Menjadi terlalu hidup konsumtif, membelanjakan uang hanya demi untuk memberikan anak-anak dengan mainan yang berharga mahal namun belum tentu mempunyai nilai mendidik adalah salah satu contoh betapa kurang perhitungannya kita terhadap aliran pendapatan dan belanja.

Orang tua mungkin bisa saja mengelak bahwa hanya dengan membelikan mainan mahal kepada anak mereka tak kan mungkin menggangu keuangan keluarga. Okelah, katakan itu sebagai hadiah ulang tahun, toh tak setiap hari kita menghamburkan uang, bukan? Namun bagaimana jika untuk biaya sekolah anak? Terkadang ada orang tua ada yang memiliki “harga diri” terlalu berlebihan sehingga memaksakan diri untuk berusaha menyekolahkan anak mereka ke sekolah internasional favorit di daerah mereka. Padahal kita tahu bahwa biaya pendidikan sekolah macam itu tidak murah, bukan? Selintas lalu memang terlihat bahwa mencarikan sekolah terbaik untuk anak-anak kita adalah perbuatan terbaik karena berusaha memberikan bekal pendidikan paling baik untuk mereka, namun bila tanpa perhitungan matang, biaya sekolah anak kita akan menjadi batu sandungan besar terhadap keuangan keluarga setiap bulannya.

memberi_teladanSebagai orang tua, kadang kala kita memiliki pemikiran bila tak dapat membelikan hadiah ulang tahun mahal atau menyekolahkan ke sekolah favorit berbiaya mahal maka terselip perasaan bersalah dalam diri kita. Kita gagal memberi yang “terbaik” untuk buah hati kita. Padahal pada kenyataannya, kemungkinannya itu hanyalah asumsi kita saja. Kenyataannya, apakah anak-anak kita merasa benar-benar berbahagia dengan hadiah yang mahal? Ataukah keceriaan mereka saat menerima hadiah itu bersifat sementara dan ketika sudah bosan dengan mainannya, mereka masih merasa bahagia? Atau bila bersekolah di sekolah favorit akan menjamin masa depan mereka kelak? Jangan lupa bahwa banyak anak-anak berprestasi justru berasal dari sekolah-sekolah yang tidak terkenal dan justru mereka mendapatkan beasiswa untuk pendidikan selanjutnya.

Dalam renungan harian Kristen hari ini, penulis ingin mengajak kita sekalian untuk berpikir dan bertindak bijak dalam mendidik anak-anak kita. Keinginan membelikan baju mahal, mainan mahal dan sebagainya untuk kebahagiaan mereka atau menyekolahkan mereka ke sekolah terbaik adalah hal wajar sebagai orang tua. Namun perlu diingat bahwa itu semua belum tentu merupakan cara terbaik dalam kerangka mendidik anak-anak kita. Sebab dengan memberikan teladan untuk memiliki tanggung jawab dan mengelola keuangan secara bijak merupakan pendidikan dasar terpenting untuk kehidupan anak-anak kita kelak.

Artikel Renungan Harian Kristen tersebut dapat dicari dengan kalimat:

Previous post:

Next post: