Bertahan Menghadapi Pergumulan Hidup

by admin

in Iman,Pencobaan

Suatu hari seekor keledai milik petani jatuh terperosok ke dalam sebuah sumur tua yang telah kering. Keledai it terus meringkik selama berjam-jam dengan maksud untuk meminta pertolongan. Sang petani sebagai pemilik telah berusaha dengan berbagai cara untuk menaikkan keledainya agar terbebas dari sumur tersebut namun tetap saja cara yang dipakai tak dapat menolong keledai malang itu.

Petani tersebut lalu minta pendapat saudara dan para tetangganya dan akhirnya dicapai suatu kesepakatan. Jawaban dari masalah itu adalah sangat berat untuk dilakukan oleh si petani mengingat dia amat menyanyangi keledai itu. Namun karena dia merasa memang itulah yang terbaik maka dia harus membuat sebuah keputusan terbaik atas saran banyak orang. Petani harus merelakan keledainya yang sudah tua tersebut untuk dikubur hidup-hidup dalam sumur tua yang sudah tak terpakai lagi tersebut. Jadi menimbun sumur dengan tanah adalah jawaban dari masalah tersebut.

Orang banyakpun mulai mengambil peralatan dan menimbun sumur itu dengan tanah. Keledaipun meronta dan melenguh menyadari bahwa ada siraman tanah mengenai tubuhnya. Dalam pikirannya mungkin dia akan mati karena tanah akan bertambah makin lama tinggi menutupi tubuhnya. Namun hal aneh terjadi yaitu ketika orang-orang mulai menyaksikan bahwa keledai itu berhenti melenguh karena dia sibuk untuk mengibaskan badannya ketika ada tanah yang mengenai tubuhnya. Lambat laun tanah makin banyak masuk sumur namun keledai itu tak juga tertimbun karena dia berpijak pada tanah baru yang berasal dari atas sumur. Akhirnya tanpa disadari telah ditemukan jawaban paling tepat dari masalah tersebut yakni memasukkan tanah ke dalam sumur dan sesekali diselingi dengan potongan pohon dan ranting untuk memperkuat tanah yang baru agar tidak amblas dan kuat menahan berat keledai. Akhirnya setelah beberapa jam melakukan cara tersebut, keledaipun berhasil dikeluarkan dari sumur tua dan sumur itupun telah tertutup dan tak lagi berbahaya untuk manusia ataupun ternak yang mungkin bisa terperosok ke dalamnya.

Para pembaca renungan harian Kristen yang kekasih, cerita sederhana di atas hanyalah merupakan sebuah gambaran yang mungkin juga kita alami dalam menjalani hidup ini. Tentu berbeda masalah namun inti soal tetap sama yakni tak ada seorangpun di dunia ini yang terbebas dari masalah dalam hidupnya. Persoalannya adalah bagaimana mengatasi masalah yang ada di depan mata? Berputus asa ataukah berusaha untuk mencari jalan keluar yang terbaik?

ujian_imanSebagai seorang Kristen, seberat apapun masalah hidupmu hendaklah kita selalu ingat bahwa Kristus akan menolong dan memperlengkapi kita dengan jalan keluar yang mungkin tidak kita sangka atau tak pernah kita pikirkan. Hadapi masalah dengan hati ikhlas, menyadari bahwa itu adalah ujian iman dan tetap berharap pertolongan dari Tuhan adalah sebuah tindakan kecil yang sangat luar biasa yang bisa kita lakukan. Tuhan memberkati kita sekalian, Amin.

Iman hanya akan dapat menjadi dewasa bila diperhadapkan dengan kesulitan dan tantangan

Doa hari ini: Mampukan kami menghadapi pergumulan hidup dengan iman dan hati ikhlas.     

Previous post:

Next post: