Menjadi Seorang Penghibur Dalam Aktivitas Sehari-hari

by admin

in Hikmat

Benar kata pepatah bahwa hidup ini seperti roda yang berputar, kadang berada di bawah dan kemudian naik ke atas, begitu seterusnya tak akan berhenti sampai roda kehidupan itu berhenti sendiri. Kisah kehidupan manusia tidak selalu lapang, membahagiakan, menyenangkan dan hal lain yang membuat seseorang tak pernah mengalami kesesakan, kesakitan dan penderitaan. Himpitan beban kehidupan selalu silih berganti dengan kesukacitaan. Aliran hidup akan terus berganti seiring jalannya kehidupan itu sendiri.

Di kantor, saya memiliki seorang teman yang memiliki kebiasaan suka menyanyi lagu-lagu yang sedang populer di televisi. Di sela kesibukan jam kerja, dia sering mendendangkan lagu walau dengan suara tak begitu indah namun dia tetap berusaha menyanyikannya. Dia suka bernyanyi untuk menghilangkan beban pekerjaan dan rutinitas selama menyelesaikan pekerjaan. Dengan bernyanyi seolah-olah pekerjaan hariannya bertambah ringan dan tak terasa berat, itu katanya pada saat saya tanya kok tak bosan bernyanyi terus.

talenta_penghibur_sejatiKesukaan bernyanyi seorang teman ini ternyata membawa dampak positif terhadap teman yang seruangan dengannya termasuk saya. Kami menganggap, dia adalah pribadi yang ceria, hangat dan berkesan terbuka. Walaupun mungkin dia sendiri memiliki masalah pribadi yang tak kami ketahui namun dengan mendengar dendangan suaranya, jelas dia memiliki energi untuk mengalahkan pergumulan hidupnya. Anehnya, kami merasa kehilangan bila kawan yang satu ini tak masuk kerja karena ijin atau cuti, rasa kehilangan seorang penghibur membuat kami rindu dia selalu harus hadir setiap hari di kantor kami.

Hamba yang menerima lima talenta itu datang dan ia membawa laba lima talenta, katanya: Tuan, lima talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba lima talenta

Menjadi seorang penghibur tidaklah harus menjadi seorang artis terlebih dulu, bersuara bagus, penampilan menarik dan lain sebagainya. Namun dengan kemampuan minimal yang kita miliki maka sebenarnya diri kita dapat memaksimalkannya untuk membahagiakan orang lain di sekitar kita.

Tugas sebagai seorang pengikut Kristus adalah mengabarkan berita anugerah tentang telah hadirnya Juru Selamat ke dunia dan itu TAK HARUS diberitakan dengan cara pergi ke pelosok/pedalaman untuk memberitakannya. Mengabarkan kabar sukacita bisa diwujudkan dengan mudah kepada lingkungan terdekat sesuai dengan kapasitas kita sekarang ini, sama seperti kisah seorang teman yang saya juluki sebagai seorang “penghibur” maka hanya dengan bekal talenta menyanyi, dia mampu menebarkan kehangatan persahabatan, kasih dan kesukacitaan di tempat kerja.

Doa hari ini: Mampukan kami menjadi saksi yang efektif dalam pergaulan hidup sehari-hari.

Artikel Renungan Harian Kristen tersebut dapat dicari dengan kalimat:

Previous post:

Next post: