Menjadi Makin Berbahagia di Hari dan Tahun Baru

by admin

in Refleksi

Hari ini adalah hari baru di tahun 2013, seperti kebanyakan orang Kristen pada umumnya, pergi ke gereja dalam mengakhiri tahun dan menyambut datangnya hari di tahun baru adalah sebuah kegiatan perenungan yang sekaligus juga merefleksi diri secara pribadi tentang apa saja yang sudah dilakukan selama setahun terakhir dan berharap akan mencapai kesuksesan terutama kebahagiaan di tahun mendatang.

Ada beberapa cara untuk menjadikan hidup agar lebih berbahagia, bukan semata oleh kelimpahan berkat jasmani (hal bersifat materi) namun oleh karena berlimpahnya berkat rohani, berkat yang lebih memberi nilai kepada kodrat kita sebaga manusia ciptaan Allah. Kita perlu menyadari bahwa ada dua macam kebahagiaan. Satu macam kehidupan yang datang kepada kita apabila keadaan kita menyenangkan dan kita boleh dibilang bebas kesulitan. Kebahagiaan semacam ini tidak memuaskan, karena berlangsung sesaat saja dan tidak meninggalkan kesan apa-apa. Apabila keadaan berubah – suatu hal yang tidak bisa dicegah-maka kebahagiaan semacam ini menguap seperti embun pagi dalam panas matahari. Di samping itu, bahkan apabila keadaan lahir kita nampak ideal, batin kita mungkin masih diusik lapar atau rindu yang tidak reda-reda, mendambakan sesuatu yang tidak bisa diidentifikasikan. Kita mengatakan bahwa kita “bahagia” – tetapi jauh di dalam diri kita, kita ketahui bahwa keadaan itu hanya seklias dan tidak ada artinya. Ya, dari waktu ke waktu kita mungkin mengira bahwa kita sudah menemukan semacam kebahagiaan, tetapi cepat atau lambat perasaan itu akan menghilang. Pencarian kita akan kebahagiaan tetap saja tidak dipenuhi.

Tetapi ada jenis kebahagiaan yang lain, jenis bahagia yang orang Kristen dambakan. Kebahagiaan jenis kedua ini adalah kedamaian dan kegembiraan yang abadi, di dalam diri kita, yang mengatasi keadaan apapun. Suatu kebahagiaan yang kekal tak peduli, apa pun menghadang jalan kita dan bahkan mungkin menjadi lebih kuat dalam keadaan sulit. Inilah macam kebahagiaan yang dimaksudkan Yesus dalam Ucapan Bahagia. Kebahagiaan yang hanya bisa datang dari Allah. Ia sendiri memiliki jawabannya terhadap pencarian kita akan kebahagiaan abadi.

Kebahagiaan Sejati Dalam Hidup Sehari-hari

  • Kedamaian yang kita cari bukanlah sekadar kedamaian pikiran yang tidak ada artinya, buta terhadap realita (datang dan pergi sesuai dengan suasana hati atau keadaan kita). Kedamaian yang dicari setiap laki-laki dan perempuan adalah kedamaian yang akan membebaskan mereka dari kerisauan dan frustrasi yang disebabkan konflik dan masalah yang mengganggu dalam kehidupan. Yang dicari ialah kedamaian jiwa yang menembus ke seluruh diri kita, kedamaian yang bekerja melalui cobaan dan beban kehidupan.kita mencari tujuan.
  • Manusia bingung dan keblinger, bertanya-tanya dari mana gerangan ia datang, mengapa ia ada di sini, dan kemana ia akan pergi. Manusia dibiarkan menentukan tujuan dan arti kehidupan ini sendiri jika ia bisa. Tetapi kita menghendaki sesuatu yang lebih pasti, jauh di dalam diri kita. Orang skeptis pun mencari kebahagiaan, bukan saja kebahagiaan ilmu fisika dan matematika, tetapi kebahagiaan mengenai dirinya sendiri dan mengapa ia ada di sini.
  • Mencari untuk menemukan hubungan sejati dengan Allah. Tanpa sadar manusia secara sengit menyangkal keberadaan Allah, mereka masih saja mencari sesuatu untuk mengisi kekosongan dalam jiwa mereka. Tetapi itulah kekosongan yang Allah ciptakan dalam jiwa kita dan hanya Ia bisa mengisinya.

Setiap manusia yang pernah dilahirkan mendambakan kedamaian, tujuan dan Allah. Tetapi bisakah umat Kristiani mendapatkan dan mengenalnya? Yesus menggunakan kata berbahagialah. Dimana kata ini sukar sekali diterjemahkan, karena dalam bahasa asli Perjanjian Baru (bahasa Yunani), kata tersebut mempunyai arti yang jauh lebih kaya. Yesus menguraikan bagi kita rahasia kebahagiaan sejati di Matius 5:1-12. Kiranya sebagai umat yang percaya pada Allah, kita akan menjadikan tujuan dan sasaran hidup kita untuk menghayati dan menerapkan Ucapan Bahagian di dalam kehidupan kita untuk sesungguhnya dapat menemukan kebahagiaan yang sejati. Selamat Tahun Baru!

Previous post:

Next post: