Belajar Merenungkan Arti Kemurahan Hati

by admin

in Kasih

Murah hati adalah sikap yang suka memberi. Orang yang murah hati biasanya diwarnai dengan perilakunya yang penyayang dan pengasih. Sifat itulah yang “menggerakkan” hatinya untuk memberi sebagai wujud kasihnya kepada sesama. Ketika seseorang menjadi murah hati, maka disadari atau tidak, sesungguhnya ada kesadaran dari dalam hatinya bahwa masih ada orang lain yang tidak seberuntung dirinya walaupun mungkin dirinya sendiri tidaklah penuh harta atau kekayaan. Sekaligus hal tersebut menjadi pertanda bahwa orang tersebut menghargai sesamanya sebagai pihak yang layak untuk menerima kemurahan hati darinya.

Yesus Kristus mengajarkan kepada kita bahwa hendaklah umat Kristiani bermurah hati karena sebenarnya kita telah terlebih dulu menerima kemurahan surgawi dari Allah. Apa yang telah kita terima sebagai pemberian dari Allah tak seharusnya membuat menjadi egois, anti sosial, ataupun menikmatinya untuk diri sendiri. Kita diajarkan untuk memahami dan melakukan arti “berbagi” secara sukarela bukan oleh karena “dipaksa” namun melakukannya atas kesadaran bahwa apa yang kita terima adalah bersumber dari Allah dan orang lain yang kurang beruntung merupakan sesama kita yang pantas ikut merasakan kemurahan Allah melalui diri kita.

kemurahan_hati_kepada_sesamaOrang yang murah hati selalu memberi dengan landasan kasih kepada sesamanya, bukan oleh karena alasan lainnya. Pemberian kepada orang lain tak juga harus berupa materi (uang, barang dan sebagainya). Memberi nasihat dengan dasar kasih kepada seorang teman adalah  salah satu bentuk kemurahan hati, menolong tanpa dibayar ketika tetangga pindah rumah juga bentuk kemurahan hati, dan masih banyak contoh lain tentang kemurahan hati yang dapat kita temukan sendiri. Intinya adalah bagaimana kita dapat menempatkan diri secara bijaksana dalam lingkungan yang membutuhkan perhatian kita. Sebab dengan demikian, kita dapat berhasil untuk mengamalkan arti kemurahan hati kepada sesama manusia.

Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati – Lukas 6:36

Previous post:

Next post: