Mengapa Orang Kristen Harus Bisa Mengampuni

by admin

in Pengampunan

Setiap orang mempunyai hak yang sama untuk menerima pengampunan. Baik untuk mereka yang mempunyai dosa yang besar maupun dosa yang kecil. Tuhan Allah sendiri sangat memperhatikan bukan kepada seberapa perbuatan dosa yang telah diperbuat oleh seseorang namun Dia selalu rindu agar anak-anakNya “kembali dari” melakukan perbuatan dosa atau dengan kata lain pertobatan dan bersedia melayaniNya seperti perumpamaan anak yang hilang di Lukas 15:11-32.

Allah Bapa di dalam Tuhan Yesus Kristus, mempunyai belas kasihan yang tak terbatas. Ketika melihat ada seekor dombanya yang hilang dan memiliki niat untuk kembali pulang ke hadirat Bapa yang Agung dan Mulia, membuat pertobatan, meninggalkan dosa-dosanya dan bersedia melayaniNya dengan segenap hati dan jiwa maka Kristus akan memberi pengampunan kepadanya. Dan pengampunan tersebut berlaku untuk semua orang.

Kasih Kristus kepada manusia yang telah bertobat bukanlah sesuatu hal yang biasa karena bila kita melihat gambaran di Lukas 15:11-32, bagaimana perumpamaan yang diceritakan oleh Kristus tersebut menggambarkan betapa sukacitanya seorang bapa yang melihat anaknya pulang ke rumah setelah meninggalkan bapanya, pergi dari kelimpahan berkat di rumah bapanya. Sebuah pesta besar diadakan oleh bapa untuk menyambut kembali anak terhilang itu menggambarkan betapa besarnya suka cita surgawi bila ada seorang berdosa telah menemukan jalan pulang ke rumah Bapa di surga. Bertobat dan menjadi pelayan Kristus dalam kehidupan sehari-hari adalah tugas yang telah menanti untuk orang yang telah menemukan kemuliaan Allah dalam hidupnya.

mengampuni_sesama_manusiaAllah yang penuh dengan Kasih tulus tanpa batas, berkenan menerima orang yang “pulang” dan bertobat. Kewajiban kita sekarang adalah belajar memberi pengampunan kepada sesama bukan memberi pembalasan atas dosa-dosa mereka yang telah diperbuat kepada kita.

Memberi pengampunan kepada sesama tidaklah mudah. Namun seorang Kristiani harus berusaha untuk melakukannya bukan dengan kekuatan sendiri namun dengan pertolongan dan kekuatan yang berasal dari Allah saja

Renungan Harian Kristen lain yang berhubungan dengan Mengapa Orang Kristen Harus Bisa Mengampuni ialah:

Previous post:

Next post: