Pengajaran Yesus Kristus Tentang Kematian

by admin

in Pertobatan

Perikop bacaan renungan hari ini Lukas 13:1-5, Nats 13:5Tidak! kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian.”

arti_kematian_menurut_KristusPada umumnya, banyak orang mempunyai pemikiran bahwa cara mati seseorang berkaitan dengan erat dengan banyaknya dosa yang diperbuatnya selama dia menjalani kehidupannya. Paling tidak, hal itu tergambar dari perikop bacaan renungan hari  ini, dimana pendapat sebagian orang-orang yang mendengarkan pengajaran Yesus Kristus tentang kematian beberapa orang Galilea yang dibunuh oleh Pilatus, memiliki kesimpulan yang demikian. Dengan tegas Kristus menentang pendapat mereka. Tuhan Yesus berkata bahwa yang terpenting bukanlah bagaimana cara kematian seseorang, namun apakah orang tersebut mati ketika sudah dalam keadaan bertobat atau belum. Penderitaan dan pertobatan adalah 2 hal yang berbeda dan tak berkaitan secara langsung.

Pengajaran Tuhan Yesus Kristus ini mengingatkan kita sekalian bahwa janganlah mempermasalahkan tentang cara kematian seseorang, namun ada hal yang lebih penting untuk diperhatikan yaitu apakah kita sudah bertobat dan merasa siap kapanpun kematian itu datang menjemput kita.

Buah-buah pertobatan tentu dapat dilihat dengan nyata dari perbuatan yang memberikan manfaat demi kemuliaan nama Tuhan dan berguna untuk sesama. Pohon ara yang terus berbuah adalah perumpaan yang baik untuk menjelaskan arti pertobatan yang Kristus maksudkan. Tapi bila kita menyadari bahwa hidup belum dalam rangkaian pertobatan sebagaimana Tuhan ajarkan, maka ingatlah bahwa Kristus masih memberikan kesempatan untuk saudara dan saya melakukan hal pertobatan yang benar. Bila saja kesempatan ini terlewatkan begitu saja, maka pohon ara akan ditebang dan itu berarti menghadapi kematian tanpa pertobatan.

Renungan Harian Kristen lain yang berhubungan dengan Pengajaran Yesus Kristus Tentang Kematian ialah:

Previous post:

Next post: