Mendidik Anak Dalam Kasih Karunia Allah

by admin

in Nasihat Bijak

Anak adalah anugerah Tuhan yang melengkapi kehidupan pasangan suami istri. Kehadiran seorang anak akan membawa kebahagian bagi kedua orang tuanya. Menjadi kewajiban orang tua untuk mendidik anak-anak mereka dalam Kasih seperti yang tertulis dalam Alkitab. Keberhasilan mendidik seorang agar dia dapat mandiri dan berguna untuk orang lain di masa depannya adalah jerih payah kedua orang tuanya. Tak ada pasangan suami istri yang menginginkan anak-anaknya memiliki masa depan suram, sebaliknya mereka sangat berharap anak mereka dapat mencapai kebahagiaan.

Anak adalah harta berharga yang perlu dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya agar menjadi seorang dewasa yang mandiri dan bertanggung jawab

Sangat penting untuk orang tua mempunyai hubungan yang baik dengan anak-anak mereka sebab hubungan baik yang dibangun sejak usia anak masih balita akan memberi pengaruh positif terhadap perkembangan jiwa, rohani dan jasmani sang anak.

Orang tua yang baik dan bijak adalah tak meminta balas jasa/budi ketika anak-anak mereka telah dewasa dan memiliki tingkat ekonomi yang mapan. Kebahagiaan orang tua adalah saat dimana melihat anak-anak mereka telah dapat hidup mandiri, berumah tangga dan perhatian terhadap sesama serta tak melupakan jasa kedua orang tua yang telah membesarkan mereka. Orang tua tidak perlu “memaksa” untuk diperhatikan ketika masa tua namun anak-anak mereka akan tetap merawat kedua orang tuanya dengan perlakuan yang mengasihi.

Banyak cerita mungkin pernah kita dengar atau lihat sendiri dalam kehidupan di dunia ini, anak yang tak tahu balas budi kepada orang tuanya. Melupakan ayah ibunya saat telah memiliki harta melimpah. Bila sudah demikian maka pasti ada sesuatu yang salah saat membesarkan anak-anak yang dewasanya nanti bertabiat seperti itu.

Efesus 6:4 berkata,”Dan kamu bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.”

Mendidik anak dalam Kasih Karunia Allah adalah sebuah pilihan terbaik. Mendidik bukan hanya dengan perkataan saja namun harus diimbangi dengan perbuatan orang tua yang sejalan dengan apa yang mereka ucapkan. Nilai teladan orang tua memiliki pengaruh cukup besar dalam perkembangan si anak, sebuah teladan yang baik akan mengalahkan seribu perkataan sama yang diulang-ulang. Ingatlah bahwa mendidik anak-anak dalam Kasih tidaklah cukup hanya dengan memperkatakan ayat-ayat di Alkitab namun yang paling penting adalah memberi mereka sebuah teladan yang baik sesuai dengan ajaran Tuhan.

Artikel Renungan Harian Kristen tersebut dapat dicari dengan kalimat:

Previous post:

Next post: