Kumpulan Ayat Kerendahan Hati Menurut Alkitab

by admin

in Hikmat

Kerendahan Hati Menurut Alkitab. Orang yang tinggi hati (sombong) tidak bisa dipakai Tuhan untuk menggenapi janji-janji Tuhan bahkan masuk ke dalam kerajaan surga. Tiap orang sadar atau tidak, pastilah memiliki kesombongan karena masih hidup di dalam daging walau telah mengenal kebenaran Firman Tuhan. Sikap kita terhadap kesombongan rohani bermacam namun bisa digolongkan ke dalam 2 bagian besar yaitu golongan yang berusaha merubah kesombongan menjadi rendah hati dan golongan yang kedua adalah tidak berdaya untuk merubah sikapnya oleh karena mereka tidak berusaha untuk mengubahnya. Berikut ini adalah beberapa ayat pendukung dari Alkitab sebagai pedoman bahwa sebenarnya Allah menginginkan kita hidup dalam kerendahan hati.

Kerendahan hati yang diteladani oleh Allah

Mazmur 113:5-6 Siapakah seperti TUHAN, Allah kita, yang diam di tempat yang tinggi, yang merendahkan diri untuk melihat ke langit dan ke bumi?
Ayat tersebut menggambarkan bahwa betapa tinggi dan agungnya Allah yang tanpa bandingan namun DIA merendahkan hati untuk mengawasi ciptaanNya.

Teladan Kristus yang terdapat dalam Filipi 2:8 β€œDan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.” Jelas disebutkan bahwa Yesus mengesampingkan hak istimewaNya dan merendahkan diri agar penggenapan janji Allah menjadi nyata dan pada waktunya Kristus mendapatkan tempat yang Maha Tinggi.

Berkat Untuk Setiap Orang Yang Rendah Hati

Yesaya 57:15 Sebab beginilah firman Yang Mahatinggi dan Yang Mahamulia, yang bersemayam untuk selamanya dan Yang Mahakudus nama-Nya: “Aku bersemayam di tempat tinggi dan di tempat kudus tetapi juga bersama-sama orang yang remuk dan rendah hati, untuk menghidupkan semangat orang-orang yang rendah hati dan untuk menghidupkan hati orang-orang yang remuk.”

Ayub 22:29 Karena Allah merendahkan orang yang angkuh tetapi menyelamatkan orang yang menundukkan kepala!

Matius 18:4 Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga. Matius 20:26-28 Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu; sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.

Yakobus 4:6 Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.”

Amsal 15:33 Takut akan TUHAN adalah didikan yang mendatangkan hikmat, dan kerendahan hati mendahului kehormatan.
Amsal 18:12 Tinggi hati mendahului kehancuran, tetapi kerendahan hati mendahului kehormatan
Amsal 22:4 Ganjaran kerendahan hati dan takut akan TUHAN adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan.

Artikel Renungan Harian Kristen tersebut dapat dicari dengan kalimat:

Previous post:

Next post: